Sekolah Pascasarjana USK adakan Writeshop Penulisan Proposal Penelitian

Banda Aceh, 07 Maret 2024 – Sekolah Pascasarjana (SPS) Universitas Syiah Kuala (USK) telah sukses menyelenggarakan WriteShop Penulisan Proposal Penelitian yang bertujuan untuk mempersiapkan peserta mengikuti hibah DRTPM Kemendikbudristek. Acara ini dibuka dengan penuh semangat oleh Dr. Mhd. Ikhsan Sulaiman, S.TP., M.Sc, yang menjabat sebagai Wakil Direktur Bidang Akademik SPS USK.

WriteShop ini dihadiri oleh sejumlah calon peneliti dan staf akademik yang berpotensi untuk mengajukan proposal penelitian ke berbagai program hibah, termasuk DRTPM Kemendikbudristek. Dalam sesi pertama, teknik penulisan proposal disampaikan oleh narasumber ahli, Dr. Rina Suryani Oktari, S.Kep., M.Si. Peserta diberikan wawasan mendalam tentang struktur, komponen, dan strategi penulisan yang efektif untuk proposal penelitian yang berkualitas.

Sesi kedua menghadirkan Prof. Dr. Nazli, S.Si., M.Si, sebagai narasumber yang membahas teknik penyusunan anggaran penelitian dalam proposal. Prof. Nazli memberikan panduan yang praktis dan detail tentang bagaimana menyusun anggaran yang sesuai dengan kebutuhan penelitian namun tetap realistis dan terukur.

Setelah dua sesi yang informatif, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab, di mana peserta dapat berinteraksi langsung dengan para narasumber untuk mendapatkan klarifikasi dan pemahaman yang lebih dalam mengenai topik yang telah disampaikan. Kemudian, acara mencapai puncaknya dengan bedah proposal (sample), di mana salah satu proposal penelitian dipilih untuk dianalisis bersama secara mendalam oleh para ahli dan peserta.

Acara WriteShop Penulisan Proposal Penelitian ini ditutup dengan harapan bahwa peserta telah mendapatkan wawasan dan keterampilan yang diperlukan untuk menyusun proposal penelitian yang berkualitas dan kompetitif. Dr. Mhd. Ikhsan Sulaiman, dalam sambutannya di penutupan, mengungkapkan kebanggaannya atas antusiasme dan partisipasi peserta serta mengajak mereka untuk terus mengembangkan potensi riset mereka demi kemajuan SPS USK dan kontribusi pada ilmu pengetahuan secara lebih luas.