Evaluasi Program Studi di Lingkungan Sekolah Pascasarjana Universitas Syiah Kuala (USK) untuk Persiapan Akreditasi

Banda Aceh, 19 Januari 2024 – Sekolah Pascasarjana (SPS) Universitas Syiah Kuala (USK) menggelar acara evaluasi program studi sebagai langkah awal dalam persiapan untuk mendapatkan akreditasi. Acara ini dibuka oleh Dr. Mhd. Ikhsan Sulaiman, S.TP., M.Sc, Wakil Direktur Akademik Sekolah Pascasarjana USK, dan turut dihadiri oleh Ketua Unit Satuan Jaminan Mutu (SJM) SPS USK, Prof. Dr. Nazli, S.Si., M.Si.

Acara evaluasi ini memiliki tujuan utama untuk mengevaluasi pengisian data LKPS (Lembaran Kinerja Program Studi) pada program studi magister dan doktor di lingkungan SPS USK. Lembaran Kinerja Program Studi adalah dokumen yang berisi informasi mengenai kinerja suatu program studi, termasuk capaian dan kualitasnya dalam aspek akademik dan non-akademik.

Dalam sambutannya, Dr. Mhd. Ikhsan Sulaiman menyampaikan pentingnya evaluasi program studi sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan di tingkat pascasarjana. “Evaluasi ini menjadi dasar penting dalam penyusunan dokumen untuk persiapan akreditasi di Prodi-prodi yang ada di lingkungan SPS USK. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan standar kualitas pendidikan dan menjamin mutu program studi kami,” ujar Dr. Ikhsan.

Prof. Dr. Nazli, sebagai Ketua Unit Satuan Jaminan Mutu (SJM) SPS USK, menekankan pentingnya kerjasama dari seluruh elemen di lingkungan SPS USK dalam proses evaluasi ini. “SJM berperan sebagai garda terdepan dalam menjamin mutu pendidikan di SPS USK. Melalui evaluasi ini, kami berharap dapat memperoleh pemahaman yang mendalam tentang keberhasilan dan tantangan yang dihadapi setiap program studi,” katanya.

Acara evaluasi ini dihadiri oleh administrator-administrator program studi diantaranya: Doktor Matematika dan Aplikasi Sains (DMAS), Magister Administrasi Pendidikan (MAP), Magister Konservasi dan Sumberdaya Lahan (MKSDL), Magister Pengelolaan Lingkungan (MPL), Magister Ilmu Kebencanaan (MIK), dan Magister Pengelolaan Sumber Daya Pesisir Terpadu (MPSPT).

Para administrator program studi secara aktif terlibat dalam sesi diskusi dan pertukaran ide untuk mengidentifikasi potensi perbaikan dan pengembangan program studi masing-masing. Proses evaluasi ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan kualitas pendidikan tingkat pascasarjana di Universitas Syiah Kuala.

Evaluasi program studi ini juga menjadi langkah strategis dalam mendukung pencapaian visi dan misi SPS USK dalam menghasilkan lulusan pascasarjana yang berkualitas dan mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.